Cara Mudah dan Praktis Bayar Iuran BPJS Kesehatan Pakai LinkAja

Cara bayar tagihan atau iuran BPJS Kesehatan melalui LinkAja merupakan salah satu cara bayar iuran BPJS Kesehatan secara online, tanpa perlu ke loket pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Untuk bayar BPJS Kesehatan di LinkAja, Sobat harus menyiapkan nomor (VA)  virtual account BPJS Kesehatan di LinkAja.

Nomor VA (Virtual Account) BPJS Kesehatan di LinkAja


Nomor virtual account (VA) BPJS Kesehatan di LinkAja ini cukup panjang, sehingga sulit untuk diingat. Namun secara sederhana nomor VA BPJS kesehatan di LinkAja sama dengan nomor VA BPJS Kesehatan di bank BRI, BNI, BTN dan BCA, yaitu 88888 dilanjutkan dengan 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.

Misalnya nomor kepesertaan BPJS Kesehatan adalah 0001234567890, maka nomor VA BPJS Kesehatan adalah 8888801234567890.

Nomor Virtual Account atau VA BPJS Kesehatan tersebut saat ini bersifat kolektif untuk seluruh anggota keluarga dalam satu KK yang terdaftar di kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri. Jadi Sobat cukup memasukkan 1 nomor VA BPJS Kesehatan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan seluruh anggota keluarga yang terdaftar di BPJS Kesehatan mandiri.

Cara Terbaru Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja, Lengkap Dengan Gambarnya


Sebelum melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui LinkAja, pastikan tersedia saldo yang cukup di akun LinkAja. Jika ingin top up atau isi saldo LinkAja gratis biaya admin dapat dilakukan melalui ATM Bank Mandiri.

Biaya admin bayar BPJS Kesehatan pakai LinkAja ini adalah Rp2.500.

Lalu bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan pakai LinkAja?

Berikut adalah cara bayar iuran BPJS Kesehatan melalui LinkAja terbaru lengkap dengan gambar-gambarnya:

  1. Buka dan login di aplikasi LinkAja.
  2. Pilih menu 'BPJS' pada halaman utama aplikasi LinkAja. Jika tidak ada menu BPJS, Sobat dapat pilih menu 'Semua' dengan ikon titik 3, baru kemudian cari dan pilih BPJS pada Sub Menu Keuangan
  3. Pada halaman BPJS silahkan pilih 'BPJS Kesehatan'.
  4. Masukkan nomor VA BPJS Kesehatan dengan format 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. 
  5. Untuk jumlah bulan masukkan angka 01-12 sesuai jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Misal ingin bayar iuran BPJS Kesehatan untuk 2 bulan maka masukkan 02. Kemudian pilih 'Lanjut'.
  6. Pada halaman Tinjau & Konfirmasi periksa nomor detail transaksi yang ditampilkan, dan jika sudah benar maka pilih 'Konfirmasi'. Jika punya voucher promo pembayaran BPJS Kesehatan, maka pilih Punya Kode Voucher untuk memasukkannya sebelum memilih tombol Konfirmasi.
  7. Masukkan PIN LinkAja. 
  8. Tunggu proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui LinkAja sampai selesai.

Di aplikasi LinkAja, selain dapat digunakan untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan, juga dapat digunakan untuk berbagai transaksi non tunai lainnya seperti Bayar Tagihan Listrik PLN, Beli Pulsa/ Data, Bayar Pajak Bermotor dan lain sebagainya.

Itulah tadi CaranyaSaya.com dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara online menggunakan aplikasi LinkAja. Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat bagi Sobat semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url