Cara Beli Tiket Kereta Api Pakai OVO di Aplikasi KAI Acces

Cara beli tiket kereta api dengan pembayaran menggunakan saldo OVO Cash, salah satunya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Acces.

Aplikasi KAI Acces merupakan aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dikeluarkan secara resmi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAl) sejak 2014 yang dapat digunakan untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/ komuter.

Tersedia berbagai metode pembayaran untuk pembelian tiket kereta api di aplikasi KAI Acces seperti transfer bank, Indomaret, QRIS, e-Wallet (LinkAja dan juga OVO) dan BCA Virtual Account. 

Sementara untuk pembelian tiket kereta api lokal di KAI Acces, saat ini hanya tersedia pembayaran menggunakan QRIS, KAIPay, LinkAja dan juga OVO.

Cara Beli Tiket Kereta Api Di KAI Acces Dengan Metode Pembayaran Menggunakan OVO


Di aplikasi KAI Acces terbaru versi 4.9.8 ini sekarang sudah tersedia pembayaran menggunakan OVO. Jadi sobat sudah tidak perlu mendownload kode QRIS untuk pembayaran menggunakan OVO Cash.

Selain itu jumlah penumpang yang dapat dipesankan melalui aplikasi KAI Acces menjadi maksimal 10 orang, dari sebelumnya maksimal hanya 4 orang.

Jika Sobat belum mempunyai aplikasi KAI Acces, segera unduh aplikasi KAI Acces di Play Store bagi Android dan AppStore untuk IOS. Setelah install aplikasi KAI Acces segera daftar akun di KAI Acces dengan terlebih dahulu menyiapkan nomor handphone dan e-mail yang aktif dan juga e-KTP. 

Untuk proses pendaftaran akun di aplikasi KAI Acces, silahkan pilih tombol Daftar, kemudian isi identitas yang terdiri dari Nama Lengkap, Nomor KTP, e-mail dan nomor handphone. Lalu silahkan buat password dengan kombinasi huruf, simbol, atau angka. Setelah itu ikuti instruksi yang tersedia sampai proses pendaftaran akun KAI Acces selesai.

Untuk pembayaran menggunakan OVO di KAI Acces pastikan Sobat sudah install aplikasi OVO di handphone Sobat dan juga tersedia saldo OVO Cash yang cukup untuk pembelian tiket kereta api di KAI Acces.

Setelah berhasil daftar akun di KAI Acces, Sobat dapat melakukan pembelian tiket kereta api di aplikasi KAI Acces dengan pembayaran menggunakan OVO dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces.
  2. Pada halaman utama aplikasi KAI Acces pilih tab menu 'KA Antar Kota' atau 'KA Lokal' sesuai dengan kebutuhan. Karena Saya ingin membeli tiket KA Penataran maka saya pilih tab menu 'KA Lokal'
  3. Jangan lupa untuk memilih Stasiun Asal keberangkatan dan juga Stasiun tujuan.
  4. Pilih tanggal keberangkatan kereta api dari stasiun asal. Jika Sobat ingin membeli tiket Pulang Pergi maka bisa mengaktifkan tombol Pulang Pergi kemudian pilih tanggal kembali.
  5. Pada kolom Penumpang, pilih jumlah penumpang yang akan naik kereta api. Satu akun KAI Acces maksimal dapat membeli tiket untuk 10 orang penumpang. Setelah terisi semua, silahkan pilih 'Cari'.
  6. Akan ditampilkan Nama Kereta Api berikut dengan jam keberangkatan yang tersedia untuk tanggal tersebut. Pilih jadwal kereta api sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Periksa Ringkasan Pemesanan yang ditampilkan dan jika sudah benar maka pilih 'Lanjutkan'.  
  8. Akan muncul notifikasi "Apakah data yang Anda masukkan sudah benar?". Jika sudah benar maka pilih 'Ya'.
  9. Pada halaman Rincian Pemesanan Sobat dapat memilih atau mengganti nomor kursi yang diinginkan dengan cara pilih tulisan 'Ganti Kursi' yang berada di sebelah kanan Daftar Penumpang. 
  10. Silahkan pilih Gerbong dan kuga nomor kursi sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian pilih 'Simpan'.
  11. Check list pada kotak disebelah kiri tulisan "Saya sudah membaca dan setuju terhadap Syarat dan Ketentuan pembelian tiket" dan kemudian pilih 'Bayar Sekarang". 
  12. Akan ditampilkan notifikasi tentang Ketentuan Vaksin Penumpang, dan langsung saja pilih 'Saya Mengerti'.
  13. Tersedia pilihan pembayaran e-Wallet dan juga QRIS. Untuk pembayaran menggunakan OVO maka pilih 'e-Wallet'
  14. Kemudian pilih 'OVO'.
  15. Untuk pembayaran menggunakan OVO di KAI Acces, Sobat perlu menyambungkan akun OVO di aplikasi KAI Acces. Jika belum pernah, maka pilih 'Aktivasi'. Jika akun OVO sudah tersambung dengan aplikasi KAi Acces, maka sobat langsung menuju langkah no. 20.
  16. Akan ditampilkan Syarat dan Ketentuan, geser kebawah dan jika sudah setuju maka pilih 'Lanjutkan'.
  17. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang terdaftar di akun OVO. 
  18. Masukkan security code OVO.
  19. Jika sudah muncul tulisan Sukes, berarti Sobat sudah berhasil menghubungkan akun OVO di KAI Acces. Kemudian pilih 'Lanjutkan'. 
  20. Akan ditampilkan detil pembayaran menggunakan OVO. Sobat hanya bisa menggunakan OVO Cash dan tidak.bisa menggunakan OVO Point untuk pembayaran di KAI Acces. Kemudian pilih 'Bayar'.
  21. Masukkan security code akun OVO dan lalu pilih 'Bayar'
  22. Jika berhasil maka akan muncul tulisan 'Pembayaran Sukses' dan silahkan pilih 'Cek Tiket' untuk melihat tiket online kereta api di aplikasi KAI Acces.

Pada hari keberangkatan, Sobat tidak perlu lagi cetak tiket kereta api yang dibeli melalui aplikasi KAI Acces. Untuk boarding, cukup gunakan e-boarding pass pada aplikasi KAI Acces, dan scan QR Code  pada scanner yang tersedia di meja petugas boarding di stasiun keberangkatan.

Selain dapat digunakan untuk pembayaran tiket kereta api di aplikasi KAI Acces, Sobat juga bisa menggunakan saldo OVO untuk membayar tagihan listrik PLN Pascabayar.

Itulah tadi CaranyaSaya.com dalam melakukan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces dengan pembayaran menggunakan OVO. Semoga informasi diatas bermanfaat, dan selamat menikmati perjalanan dengan Kereta Api.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url