Cara Beli Tiket Kereta Api di KAI Acces Dengan Pembayaran Menggunakan LinkAja

Cara beli tiket kereta api di aplikasi KAI Acces, selain dapat menggunakan pembayaran pakai saldo OVO juga dapat menggunakan saldo LinkAja.

Seperti kita ketahui, selain dapat melakukan pembayaran menggunakan LinkAja di aplikasi KAI Acces, update terbaru dari aplikasi KAI Acces juga sudah tersedia pembayaran tiket kereta api menggunakan OVO Cash.

Cara Beli Tiket Kereta Api di KAI Acces Menggunakan LinkAja


Saat ini pembelian tiket kereta api di loket stasiun hanya dilayani 3 jam sebelum keberangkatan, selama tiket kereta api belum habis terjual. Untuk pemesanan tiket kereta api jauh-jauh hari dapat dilakukan salah satunya menggunakan aplikasi KAI Acces, H-7 sebelum keberangkatan untuk kereta api lokal dan H-30 untuk kereta api jarak jauh.

Untuk pembelian tiket kereta api menggunakan LinkAja di KAI Acces, Sobat harus sudah install aplikasi LinkAja di handphone yang sama dengan aplikasi KAI Acces. 

Pastikan juga tersedia saldo LinkAja yang cukup untuk pembayaran tiket kereta api di KAI Acces. Jika ingin isi saldo LinkAja, Sobat dapat melakukan menggunakan aplikasi BRI Mobile Banking atau BRIMO.

Berikut adalah cara pesan atau beli tiket kereta api di aplikasi KAI Acces dengan pembayaran menggunakan LinkAja:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces langsung dari handphone.
  2. Pada halaman utama aplikasi KAI Acces, silahkan pilih tab menu 'KA Antar Kota' atau 'KA Lokal' sesuai dengan yang diinginkan. Untuk tutorial kali ini Saya kebetulan akan naik kereta api Penataran yang termasuk Kereta Api Lokal, maka saya pilih tab KA Lokal. 
  3. Pilih Stasiun Asal atau stasiun keberangkatan dan juga Stasiun tujuan. Jangan lupa juga untuk memilih tanggal keberangkatan kereta api.
  4. Pada kolom Penumpang, pilih jumlah penumpang yang akan naik kereta api. Satu akun KAI Acces maksimal dapat membeli tiket untuk 10 orang penumpang. Setelah terisi semua, lalu pilih 'Cari'.
  5. Pilih jadwal kereta api sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Periksa Ringkasan Pemesanan yang ditampilkan dan jika sudah benar maka pilih 'Lanjutkan'.  
  7. Akan muncul notifikasi "Apakah data yang Anda masukkan sudah benar?". Jika sudah maka silahkan pilih 'Ya'.
  8. Pada halaman Rincian Pemesanan Sobat dapat memilih atau mengganti nomor kursi yang diinginkan dengan cara pilih tulisan 'Ganti Kursi' yang berada di sebelah kanan Daftar Penumpang. Setelah memilih gerbong dan juga nomor kursi yang diinginkan, lalu check list pada kotak disebelah kiri tulisan "Saya sudah membaca dan setuju terhadap Syarat dan Ketentuan pembelian tiket" dan kemudian pilih 'Bayar Sekarang'. 
  9. Akan ditampilkan notifikasi tentang Ketentuan Vaksin Penumpang, dan langsung saja pilih 'Saya Mengerti'
  10. Untuk pembayaran tiket kereta api menggunakan LinkAja maka pilih 'e-Wallet'.
  11. Kemudian pilih 'LinkAja'. 
  12. Akan ditampilkan Cara Pembayaran menggunakan LinkAja. Untuk melanjutkan pilih 'Bayar'.
  13. Akan ditampilkan data status vaksin dari penumpang yang diambil dari database Peduli Lindungi. Untuk melanjutkan pembayaran tiket KA pakai LinkAja pilih 'Lanjutkan Pembayaran'
  14. Akan ditampilkan jendela pop up Apakah akan melanjutkan pembayaran menggunakan LinkAja, langsung saja pilih 'Ya'.
  15. Sobat akan dialihkan ke aplikasi LinkAja. Periksa nominal pembayaran yang ditampilkan dan jika sudah benar pilih 'Konfirmasi'. 
  16. Masukkan PIN LinkAja.
  17. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa pembayaran berhasil.
  18. Dalam waktu sekitar 3 detik, Sobat akan dibawa kembali ke aplikasi KAI Acces. Untuk melihat tiket yang baru dibeli, silahkan pilih menu 'Tiket' yang berada di bagian bawah aplikasi KAI Acces, dan kemudian pilih tab 'KA Lokal'.

Itulah tadi caranyasaya.com dalam melakukan proses beli atau pesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces dengan pembayaran menggunakan LinkAja. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Sobat semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url