Cara Beli Tiket Kereta Api Pakai ShopeePay di KAI Acces

Saat ini di aplikasi KAI Acces memang belum ada fasilitas pembayaran tiket kereta api menggunakan ShopeePay. Tetapi Sobat tetap dapat melakukan pembayaran tiket kereta api di KAI Acces menggunakan ShopeePay dengan menggunakan fasilitas pembayaran pakai QRIS di KAI Acces.

QRIS sendiri merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard atau Kode QR Standar Indonesia adalah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia.

QRIS ini dapat menerima pembayaran dari mana saja, baik menggunakan Mobile banking ataupun dompet digital yang sudah support untuk pembayaran menggunakan QRIS dan sudah dilengkapi QR Scanner.

Saat ini salah satu aplikasi yang sudah support pembayaran menggunakan QRIS adalah aplikasi Shopee dengan pembayaran menggunakan ShopeePay.

Cara Beli Tiket Kereta Api Dengan Pembayaran Pakai ShopeePay di Aplikasi KAI Acces


Cara beli tiket kereta api di KAI Acces dengan pembayaran menggunakan ShopeePay ini secara garis besar sama dengan cara beli tiket kereta api pakai LinkAja di KAI Acces. Yang membedakan ketika sampai di halaman metode pembayaran, Sobat pilih pembayaran pakai QRIS.

Biar Sobat tidak bingung, berikut adalah cara beli tiket kereta api pakai ShopeePay di aplikasi KAI Acces:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces.
  2. Pada halaman utama aplikasi KAI Acces, pilih Tab KA Antar Kota atau KA Lokal sesuai dengan kereta api yang akan dibeli. Karena saya ingin naik kereta api dari stasiun Wlingi ke Surabaya, maka pilih 'KA Lokal'. Masukkan stasiun keberangkatan dan juga stasiun tujuan. Jangan lupa pilih juga tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang. Saat ini Pemesanan tiket KA di aplikasi KAI Acces bisa untuk 10 orang. Kemudian pilih 'Cari'
  3. Pilih jadwal kereta api sesuai dengan yang diinginkan.
  4. Masukkan data penumpang dan lalu  pilih 'Lanjutkan'
  5. Akan muncul notifikasi Apakah data yang anda masukkan sudah benar? Untuk melanjutkan pilih 'Ya'.
  6. Akan ditampilkan rincian pemesanan. Sobat bisa memilih nomor kursi dan juga gerbong yang diinginkan pada halaman ini dengan memilih 'Ganti Kursi'. Jika sudah benar data yang ditampilkan, check list kotak Syarat dan ketentuan dan kemudian pilih 'Bayar Sekarang'
  7. Jika muncul notifikasi tentang ketentuan vaksin maka baca dan jika sudah sesuai maka pilih 'Saya Mengerti'.
  8. Pada metode pembayaran pilih 'QRIS'. 
  9. Kemudian pilih 'QRIS' lagi.
  10. Kemudian akan ditampilkan cara pembayaran tiket kereta api menggunakan QRIS dan lalu pilih 'Bayar'
  11. Akan ditampilkan status vaksin di Peduli Lindungi dan lalu pilih 'Lanjutkan Pembayaran''.
  12. Akan ditampilkan kode QRIS untuk pembayaran tiket kereta api yang berlaku selama 15 menit, dan jika melebihi waktu yang ditentukan akan kode QR tersebut akan expired. Kemudian pilih 'Unduh QRIS'. 
  13. Untuk bayar tiket kereta api pakai ShopeePay buka aplikasi Shopee. Pastikan tersedia saldo ShopeePay yang cukup sesuai dengan harga tiket yang dibeli. Jika masih kurang, Sobat dapat melakukan top up ShopeePay di Alfamart.
  14. Kemudian pilih menu 'ShopeePay'.
  15. Langkah selanjutnya pilih menu 'Bayar'
  16. Pastikan berada di menu tab Scan kode QR dan lalu pilih icon gambar yang berada di pojok kanan atas. 
  17. Pilih kode QRIS yang telah di download atau di unduh di galeri HP. 
  18. Periksa detail pembayaran dan jika sudah benar maka pilih 'Lanjutkan'.
  19. Pada halaman Konfirmasi Pembayaran pastikan untuk pembayaran menggunakan saldo ShopeePay dan lalu pilih 'Bayar Sekarang'
  20. Masukkan PIN ShopeePay.
  21. Tunggu sebentar sampai transaksi selesai dan akan ditampilkan struk bukti pembayaran tiket kereta api pakai ShopeePay.

Untuk melihat e-Tiket kereta api yang sudah dibeli, maka buka aplikasi KAI Acces dan kemudian pilih menu Tiket yang berada di bagian bawah aplikasi KAI Acces. Kemudian pilih tab KA Antar Kota atau KA Lokal sesuai dengan tiket KA yang sudah dibeli sebelumnya.

Jika Sobat ingin melakukan pembayaran tiket kereta api di KAI Acces tanpa perlu pindah ke aplikasi e-Wallet atau mobile banking, sobat dapat mengaktifkan pembayaran pakai KAIPay. Dengan pembayaran pakai KAIPay, Sobat cukup menggunakan aplikasi KAI Acces untuk pemesanan dan sekaligus pembayaran tiket kereta api.

Itulah tadi CaranyaSaya.com dalam melakukan pembelian tiket kereta api di KAI Acces dengan pembayaran menggunakan ShopeePay. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Sobat semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url