Cara Beli Tiket Untuk Orang Lain di KAI Acces Dengan Pembayaran Pakai LinkAja

Cara beli tiket kereta api lokal untuk orang lain di aplikasi KAI Acces sekarang sudah bisa dilakukan dengan tanpa pemilik akun ikut untuk membeli juga. Jadi sekarang Sobat sudah bisa membelikan tiket kereta api lokal tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra karena Sobat sebagai pemilik akun harus membeli juga.

Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, pastikan Sobat sudah upgrade aplikasi KAi Acces ke versi terbaru. Untuk pembayaran pembelian tiket kereta api lokal untuk orang lain di aplikasi KAI Acces ini juga sama dengan pembelian tiket KA untuk diri sendiri, yaitu bisa menggunakan KAIPay, e-Wallet (LinkAja dan juga OVO) serta QRIS.

Cara Memasukkan Atau Menambahkan Daftar Penumpang di Aplikasi KAI Acces


Cara beli tiket kereta api lokal di aplikasi KAI Acces untuk orang lain caranya sama dengan cara beli tiket untuk diri sendiri dengan pembayaran pakai OVO. Yang membedakan ketika di halaman ringkasan, di kolom detail penumpang yang dimasukkan adalah data orang lain.

Untuk memudahkan dalam melakukan pembelian tiket KA untuk orang lain di aplikasi KAI Acces, sebaiknya Sobat memasukkan data orang lain tersebut ke daftar penumpang di aplikasi KAI Acces. Sobat dapat menambahkan hingga maksimal 25 orang sebagai daftar penumpang di aplikasi KAI Acces.

Berikut adalah cara memasukkan atau menambahkan daftar penumpang di aplikasi KAI Acces:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces.
  2. Pilih menu 'Akun' yang berada di pojok kanan bawah layar HP. 
  3. Langkah selanjutnya pilih 'Daftar Penumpang'.
  4. Kemudian pilih 'Tambah Penumpang'. 
  5. Pada tipe ID silahkan pilih 'KTP'.
  6. Kemudian lengkapi data-data yang harus dimasukkan yaitu, Nomor KTP, Nama Lengkap dan juga Tanggal Lahir. Selain itu juga ada isian jenis kelamin dari penumpang yang ditambahkan. Setelah terisi semua pilih 'Simpan'.
  7. Tunggu sebentar sampai data penumpang tersimpan dan muncul di halaman Datar Penumpang.

Setelah data penumpang tersimpan, Sobat tidak perlu lagi mengetik nomor KTP dan data lainnya ketika melakukan pemesanan tiket kereta api untuk orang lain, karena data tersebut sudah tersimpan di database aplikasi KAI Acces pada akun Anda.

Cara Beli/ Pesan Tiket Kereta Api Lokal Untuk Orang Lain di Aplikasi KAI Acces Dengan Pembayaran Menggunakan LinkAja


Untuk pemesanan tiket kereta api lokal untuk orang lain dengan pembayaran pakai LinkAja pastikan bahwa saldo LinkAja cukup pada proses pembayaran. Jika belum cukup, Sobat dapat melakukan isi saldo LinkAja melalui ATM BRI atau berbagai metode top up saldo LinkAja lainnya.

Berikut adalah cara pesan atau beli tiket kereta api lokal untuk orang lain di aplikasi KAI Acces dengan pembayaran pakai LinkAja:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces.
  2. Kemudian pada halaman utama aplikasi KAI Acces pilih tab 'KA Lokal'. 
  3. Kemudian masukkan dan pilih Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang. Saat ini Sobat dapat memesan sampai 10 tiket / akun di aplikasi KAI Acces. Langkah selanjutnya silahkan pilih 'Cari'.
  4. Pilih nama KA dan juga jadwal KA yang diinginkan.
  5. Pada halaman Ringkasan Pemesanan, di bagian Detail Penumpang silahkan klik pada kolom dibawah No. ID. 
  6. Kemudian pilih nama penumpang yang akan di belikan tiketnya yang datanya sudah disimpan di Daftar Penumpang.
  7. Periksa lagi detail penumpang yaang ditampilkan dan jika sudah benar maka pilih 'Lanjutkan'. 
  8. Akan ditampilkan jendela pop-up untuk konfirmasi apakah data yang dimasukkan sudah benar? untuk melanjutkan pilih 'Ya'.
  9. Akan ditampilkan Rincian Pemesanan dan kemudian check list di kota sebelah 'Saya telah membaca dan setuju terhadap Syarat dan Ketentuan pembelian tiket'. dan kemudian pilih 'Bayar Sekarang'. 
  10. Akan ditampilkan jendela Pop Up tentang ketentuan vaksin penumpang. Untuk melanjutkan pilih 'Saya Mengerti'.
  11. Pada metode pembayaran pilih 'E-Wallet'. 
  12. Kemudian pilih 'LinkAja'.
  13. Akan ditampilkan cara pembayaran tiket kereta api dengan LinkAja dan untuk melanjutkannya pilih 'Bayar'. 
  14. Akan ditampilkan jendela Pop Up tentang pembayaran LinkAja dan untuk melanjutkan pilih 'Ya'.
  15. Sobat akan dibawa di halaman Tinjau & Konfirmasi di aplikasi LinkAja dan jika sudah sesuai maka pilih 'Konfirmasi'. 
  16. Masukkan PIN LinkAja.
  17. Tunggu sebentar sampai transaksi selesai dan jika berhasil akan ditapilkan resi bukti transaksi pembayaran tiket kereta api pakai LinkAja.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, maka di apikasi KAI Acces di halaman Tiket dan tab KA Lokal akan ditampilkan jadwal atau daftar kereta api yang sudah dibeli. Sobat tinggal klik pada daftar kereta api yang sesuai dan kemudian pilih 'Tampilkam E-tiket' dan kemudain akan ditampilkan e-tiket atau boarding pass yang berisi barcode yang harus dipindai di mesin check in di gerbang atau pintu keberangkatan. Sobat dapat screenshoot e-tiket tersebut dan kemudian dikirimkan dalam bentuk JPG/ picture kepada orang lain tersebut melalui WA atau lainnya dan kemudian untuk digunakan ketika proses boarding di stasiun kebarangkatan.

Itulah tadi cara beli tiket kereta api untuk orang lain melalui aplikasi KAI Acces dengan pembayaran pakai LinkAja. Untuk pembayaran memakai OVO, KAIPay ataupun QRIS, caranya sama dengan yang telah dijelaskan diatas, cuman yang membedaan ketika berada di halaman metode pembayaran silahkan pilih sesuai dengan yang diinginkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Sobat semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url